Minggu, 19 April 2015

PELAJARAN 6 MENGGUNAKAN TEKS SEBAGAI MEDIA ADAPTASI SOSIAL

A.   Pemodelan Berbagai Jenis Teks
         Teks dengan berbagai jenis yang sama mengandung struktur teks dan bentuk bahasa yang sama. Begitu pula sebaliknya, teks dengan jenis yang berbeda maka berbeda pula struktur teks dan bentuk bahasanya. Perbedaan itu muncul karena beberapa faktor, yaitu :
1.    Saat seseorang (partisipan) berkomunikasi, baik secara lisan maupun tulisan maka orang itu akan memilih jenis teks sesuai dengan persoalan hidup yang dihadapinya.
2. Setiap teks memiliki fungsi sosial yang berbeda seiring dengan perbedaan tujuan komunikasi antarsesama manusia.
3.  Manusia berkomunikasi dengan menggunakan berbagai teks untuk beradaptasi dengan berbagai peristiwa sosial yang terjadi di sekelilingnya.
         Dari penjelasan di atas dapat dipahami bahwa sebuah tema dapat dikembangkan menjadi berbagai jenis teks dengan berbagai jenis struktur teks dan berbagai jenis bahasa sesuai kebutuhan teks yang akan disampaikan. Contoh teksnya adalah editorial atau tajuk rencana karena dalam satu teks editorial biasanya terdapat berbagai jenis struktur teks dari berbagai jenis teks yang berbeda pula.
         Editorial adalah tulisan dalam media massa (cetak maupun elektronik) yang berisi permasalahan yang bersifat aktual yang ditulis berdasarkan sudut pandangan; opini atau pendapat dari redaktur media massa tersebut. Di dalam editorial terdapat fakta dan opini. Fakta adalah hal yang bersifat faktual yang diambil dari peristiwa atau kejadian meaupun berbagai gejala yang terjadi di masyarakat. Opini adalah argumen atau tanggapan redaksi terhadap peristiwa atau gejala yang dijadikan pokok pembicaraan dalam editorial yang disertai pula dengan harapan-harapan yang bertujuan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang dibahas. Susunannya dibuat semenarik mungkin dengan memberikan berbagai argumen, data-data yang menunjang pendapat dari redaktur media massa tentang masalah yang sedang dibahas. Data-data yang digunakan itu bertujuan untuk mempengaruhi atau mengubah persepsi pembaca atau pendengar untuk mengikuti atau menerima pendapat penulis teks tersebut.

B.    Pengertian Adaptasi Sosial
         Adaptasi sosial adalah cara seseorang dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungan masyarakatnya agar seseorang dalam kelompok masyarakat tertentu dapat hidup dan berfungsi lebih baik dalam lingkungannya. Dengan menggunakan berbagai teks maka seseorang dapat menyampaikan ide, gagasan, pikiran kepada orang lain dengan maksud melakukan adaptasi sosial dengan lingkungan sekitarnya. Contoh seorang siswa yang menemukan inovasi untuk membantu membuat briket dari kulit durian untuk dijadikan bahan bakar kompor sehingga dapat mengurangi pengeluaran bahan bakar untuk memasak, menemukan inovasi obat pembasmi hama tanaman pangan, dan lain-lain.

C.    Hal-hal Yang Mempengaruhi Proses Adaptasi Sosial
1.    Bahasa
Dalam mengomunikasikan pesan, pikiran, gagasan, pendapat, atau idenya melalui teks ubntuk beradaptasi terhadap kehidupan sosialnya maka seseorang akan menggunakan bahasa sebagai medianya. Pilihan bahasa yang tepat akan mempengaruhi dapat diterima atau dipahaminya pesan, pikiran, gagasan, pendapat, atau idenya oleh orang lain.
2.    Konteks Situasi (Kondisi; Keadaan)
Dengan konteks situasi yang dihadapi oleh setiap orang berbeda-beda maka akan mempengaruhi jenis teks yang dihasilkan. Situasi yang melingkupi fungsi sosial penulis teks akan menuntut seseorang untuk beradaptasi dengan peristiwa yang ada di sekelilingnya. Jadi konteks situasi merupakan konteks terdekat (internal) yang mempengaruhi dan menyertai penciptaan suatu teks.
3.    Konteks Sosial dan Konteks Budaya
Konteks sosial dan budaya lebih bersifat universal/global. Artinya, kedua konteks tersebut mencakup seluruh kehidupan masyarakat yang menjadi tempat terciptanya berbagai jenis teks. Keragaman budaya dan lingkungan sosial menjadi faktor eksternal terciptanya suatu teks.

D.   Fungsi Struktur Teks
         Setiap teks memiliki struktur yang berbeda. Struktur teks tersebut berfungsi untuk membentuk struktur berpikir seseorang sehingga setiap penguasaan jenis teks tertentu maka seseorang akan memiliki kemampuan berpikir sesuai dengan struktur teks yang telah dikuasainya. Dengan berbagai macam jenis teks yang dikuasai maka seseorang akan menguasai pula berbagai struktur berpikir. Struktur berpikir akan berimbas pada bagaimana seseorang dapat menyampaikan pesan, pikiran, gagasan, pendapat, atau idenya kepada orang lain.
         Selain dalam bentuk teks (tulisan maupun lisan), seseorang dapat menunjukkan keinginan, pesan, pikiran, gagasan, pendapat, atau idenya kepada orang lain dalam bentuk visual (gambar, foto, sketsa, video, lukisan). bentuk visual (gambar, foto, sketsa, video, lukisan) digunakan sebagai media untuk menggiring pembaca masuk dalam pikiran penulis sehingga isi teks yang disampaikan dapat termaknai dengan mudah oleh pembaca.

E.    Latihan Menyusun Ulang dan Mengubah Berbagai Jenis Teks (Dekonstruksi)
         Kalian dapat berlatih menyusun ulang atau mengubah berbagai jenis teks menjadi teks yang berbeda dengan melihat berbagai teks dalam pelajaran 6 pada buku siswa dengan memperhatikan struktur teks pada masing-masing jenis teks yang ada atau dapat pula memanfaatkan berbagai media massa untuk menyusun berbagai jenis teks.

         Kalian dapat mengubah teks cerita ulang menjadi bentuk teks ekplanasi, mengubah teks cerita ulang menjadi teks cerita pendek, mengubah teks ekplanasi menjadi cerita ulang, mengubah pantun menjadi teks ekpsopisi, membuat teks eksplanasi dengan bantuan informasi visual (gambar, foto, sketsa, video, lukisan), menganalisis editorial atau tajuk rencana dari surat kabar dan mengubahnya menjadi teks ekplanasi maupun jenis teks lainnya.

2 komentar:

  1. sangat membantu bang, makasih banget udh nyempetin waktunya buat rangkuman yang sangat bermanfaat banget. semoga selalu berkah bang yang ente lakukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih kak, membantu banget untuk mengerjakan tugas :D :D :D

      Hapus