Rabu, 13 Januari 2010

KAROMAH SYEH ABDUL QODIR AL JAILANI


Syeh Abdul Qodir Al Jailani atau lengkanya Sayyid Abu Muhammad Abdul Qadir Al Jailani lahir di Persia, provinsi Jilan pada tahun 1077 M. Ayahnya masih memiliki hubungan darah langsung dengan Rasulalloh SAW, garis keturunannya masih bersambung dengan Al Hasan putra Fatimah, putri Rasulalloh SAW.
Beliau merupakan salah satu Wali Alloh yang termashur karomahnya. Sejarah perjalanan hidup dan keistimewaan-keistimewaan beliau telah dituangkan dalam manakib-manakib dan menjadi pelajaran hidup bagi seluruh umat muslin di setiap penjuru dunia. Beliau begitu kental bergelut dalam kesunyian duniawi. Beliau gemar merenangi lautan ilmu pengetahuan dan beliau teramat dimabuk cinta kepada Alloh SWT. Hampir setiap malam beliau mengkhatamkan Al Quran, setiap ba’da Magrib dan Isya beliau makan bersama para pengemis dan orang-orang papa. Oleh kalangan sufi beliau dianggap sebagai salah satu sumber mata air dalam pencarian hakekat hidup. Melalui ajaran-ajarannya beliau telah mewariskan pengetahuan dan pemahaman kepada umat Islam di seluruh penjuru dunia mengenai hidup, kasih sayang, dan pengenalan kepada Alloh SWT.
Tingkat kejujuran dan ahlak beliau tak perlu diragukan lagi. Dikisahkan; suatu hari beliau dirampok saat melakukan perjalanan menuju Baghdad. Sewaktu kepala perampok bertanya apakah ia memiliki harta benda, dengan polosnya dan tak pernah merasa gentar beliau menjawab “Saya memiliki empat puluh kepng mata uang emas. silahkan kalian ambil semuanya”. Kepala perampok terheran-heran mendengar jawaban tersebut. Ketika beliau ditanya kenapa ia begitu jujur, maka beliau pun menjawab “Ibu saya pernah berpesan agar tidak berbohong walaupun dalam keadaan terancam sekalipun” Tergerak oleh kejujuran Syeh Abdul Qodir Al Jailani, maka para perampok itu akhirnya masuk Islam dan memulai hidup dengan memegang prinsip kejujuran.
Sebuah pelajaran hidup bagi kita semua bahwa dalam kondisi apa pun; dalam keadaan dan situasi bagaimana pun; kejujuran harus terus hidup dalam hati kita. Rosulalloh SAW bersabda : “Empat hal yang apabila keempat hal tersebut terdapat dalam diri seseorang, maka dia adalah golongan orang munafik meskipun dia berpuasa dan melaksanakan solat dan sekalipun dia menyangka kalau dirinya orang yang beriman. Mereka adalah orang yang apabila berbicara, ia berdusta; Apabila berjanji mengingkari; Apabila dipercaya dia berkhianat; dan apabila berseteru ia berlaku curang (keji).Sedangkan Alloh SWT berfirman dalam Q.S. Ash Shaff Ayat 2 dan 3 : “(2) Hai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu lakukan. (3) Alloh membenci sekali kamu mengatakan hal-hal yang tidak kamu lakukan.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar